Bus Era Milenial

Perkembangan transportasi darat di Indonesia tengah mengalami proses peningkatan yang tajam. Tak terkecuali moda transportasi umum seperti bus. Bus adalah kendaraan besar beroda yang digunakan untuk membawa penumpang dalam jumlah besar. Di Indonesia menurut tujuannya, bus dibedakan menjadi dua yaitu, bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan bus antar kota dalam provinsi (AKDP). Bus AKAP yaitu bus yang memiliki trayek antar kota jarak jauh hingga keluar dari provinsi awal keberangkatan bus tersebut. Sedangkan bus AKDP yaitu  bus yang memiliki trayek antar kota, namun tujuannya hanya berada dalam provinsi dari awal keberangkatan bus tersebut. Menurut kelasnya juga bus dibedakan menjadi dua yaitu  kelas ekonomi dan kelas patas. Yang membedakan hanyalah jumlah tempat duduknya serta fasilitas pendukungnya.

Pameran The Suite Class GIIAS ICE BSD 18-28 Juli 2019

Dulu bus AKAP  masih dianggap sebelah  mata oleh masyarakat. Selain karena lamanya perjalanan diatas bus, serta minimnya pendingin udara pada bus. Apalagi, fasilitas yang hanya ala kadarnya.  Seiring berjalan waktu, Bus menjadi favorit banyak orang karena mempunyai beberapa factor diantaranya, ongkos yang lebih terjangkau, kelas yang dilayani sangat lengkap, hingga fasilitas yang ada di dalam bis. Banyak varian kelas yang ditawarkan para operator bis di Indonesia. Mulai dari kelas yang paling bawah adalah kelas ekonomi,hingga kelas menengah ke atas seperti  kelas patas, kelas executive, kelas  vip, kelas super executive, kelas luxury,  hingga kelas sleeper. Semakin tinggi kelas dalam bus maka semakin banyak juga fasilitas yang didapatkan.

Oke, sekarang saya akan sedikit mengulas fasilitas yang ada pada kebanyakan bus malam. Walaupun dalam segi interior terdapat perbedaan, namun pada intinya para pengusaha PO sudah memberikan fasilitas terbaik yang mereka berikan sesuai harga yang mereka tawarkan pula. Berikut adalah ulasan saya.

The Suites Class yang saat ini telah dibeli PO Sinar Jaya

Umumnya, fasilitas bus malam rata-rata sama saja. Yang membedakan hanya harga dan fasilitas pendukungnya seperti tambahan AVOD dan Snack di beberapa PO mungkin belum ada tambahannya. Dengan adanya perbandingan harga, para pelanggan dapat bebas memilih PO apa yang mereka gunakan.

Seperti  reclining seat yang dapat dinaikkan maupun diturunkan serta  ekstra lebar dan empuk dilengkapi dengan  legrest dan legroom  yang cukup lega membuat anda bisa meluruskan kaki anda, serta kursi yang dapat dinaikkan maupun diturunkan.

Interior PO Harapan Jaya Executive Class Lantai Atas

fasilitas bantal dan selimut yang nyaman,

Interior PO Agra Mas Maroon Executive Class

mungkin anda belum pernah melihat fasilitas yang ini nih, fasilitas kasta tertinggi dari PO tertentu. Karena fasilitas ini hanya dimiliki oleh PO yang memiliki armada bus Double Decker dan terletak di lantai bawahnya. Apa lagi kalau bukan Sleeper Seat. Di  Indonesia sendiri baru ada  3 PO saja yang mempunyai kelas ini yaitu PO Harapan Jaya (Sleeper Seat), PO Rosalia Indah (First Class Double Decker) dan PO Sinar jaya ( The Suite Class) yang baru saja diperkenalkan di GIIAS 2019 lalu di ICE BSD Tangerang.

Sleeper Seat Class PO Harapan Jaya
First Class Double Decker PO Rosalia Indah
The Suites Class PO Sinar Jaya

fasilitas toilet yang hanya boleh dipergunakan selama bus berjalan dan tidak diperbolehkan BAB, apabila anda ingin BAB, anda bias ke depan dan berbicara kepada kru untuk berhenti di rest area.

Fasilitas Toilet Bus Malam

Fasilitas Audio Video On Demand. Yang dapat dinikmati saat perjalanan dan merasa bosan di dalam bus. Anda dapat mendengarkan musik maupun menonton film yang anda suka. Apabila ingin lebih banyak pilihan, anda dapat membawa flashdisk anda sendiri.

Fasilitas Audio Video On Demand PO Gunung Harta Transport Solutions

Fasilitas lampu baca, charger dan port usb, biasanya terdapat pada bagian atas (bagasi atas mapun dekat lampu baca) yang tersedia setiap saat. Jangan khawatir daya smartphone anda akan habis karena anda dapat mengisinya setiap saat. Namun, gunakanlah dengan bijak ya, jangan mempergunakannya untuk mengisi daya power bank anda karena akan membuat mesin bus cepat panas bahkan paling buruk akan membuat bus anda terbakar.

Tidak jarang pula beberapa PO bus juga memberikan fasilitas seperti snack dan mineral water.memang tidak banyak yang menerapkan seperti ini, namun semua tetap tergantung kebijakan masing-masing PO.

Dan ini yang paling ditunggu para penumpang bus setelah menikmati setengah perjalanan, apalagi kalau bukan service makannya. Biasanya para PO menyediakan service makan gratis untuk para penumpangnya, kenapa gratis? Memangnya tidak rugi? Tentu saja tidak. Para pengusaha PO sudah bekerja sama dengan beberapa rumah makan di beberapa daerah pilihan PO tersebut. Dan service makan sudah termasuk harga tiket yang ditawarkan oleh PO  tersebut, bagaimana? Menarik bukan? Sudah duduk nyaman, banyak fasilitas, dapat makan juga.

Service Makan PO Gunung Harta Transport Solutions di RM Singgalang Jaya

Jika Anda sedang perjalanan dari Jakarta menuju Blitar, anda akan mendapat 2x service makan, lho. Menakjubkan bukan? Namun hanya ada 2 PO yang memberikan fasilitas tersebut diantaranya PO Harapan Jaya dan PO Gunung Harta Transport Solution

Service Makan Kedua RM Duta Ngawi

Setelah kita mengulas beberapa fasilitas, serta pelayanannnya, bagaimana dengan kenyamanannya? Mungkin beberapa dari kalian sudah mendengar tentang tol Trans Jawa. Tol Trans Jawa adalah jalan bebas hambatan yang menghubungkan wilayah Pulau jawa mulai dari Surabaya hingga Jakarta. Lalu apa hubungannya  tol Trans Jawa dengan kenyamanan bus? Dengan adanya tol Trans Jawa, waktu tempuh perjalanan dapat dipangkas dengan cepat. Sebelum adanya tol Trans Jawa, perjalanan bus biasanya melewati jalur Pantura. Selain padat, jalur ini juga cukup memakan waktu yang relatif lama. Dari Surabaya menuju Jakarta saja, perjalanan ditempuh selama 14-18 jam. Tentu menghabiskan banyak waktu di dalam bus. Namun sekarang, setelah hadirnya tol Trans Jawa, waktu tempuh bus dapat dipangkas hingga 10-14 jam saja. Tentu saja dampak perubahan ini sangat besar bukan? Bahkan PT United Tractors Tbk terus menggencarkan program Scania untuk armada Trans Jawa setelah pemukaan tol Trans Jawa. Untuk kebutuhan Transportasi Antar Kota Antar Provinsi atau bus AKAP, United Tractors menawarkan dua model bus Scania yaitu K360TB-4X2 dan K4lOlB-6X2. Tipe body yang digunakan mulai dari Super High Deck, Ultra High Deck dan Double Deck dalam buatan Karoseri Adiputro. Program ini dilakukan dalam rangka mendukung program  pemerintah untuk menggunakan tol Trans Jawa. PO yang digandeng juga didukung dengan pemasangan sticker #ScaniaTransJawa di samping kiri dan kanan kaca jendela bus tersebut.

#ScaniaTransJawa

Namun, program ini juga tidak hanya berlaku bagi bus yang menggunakan chasis Scania saja. Bahkan bus yang menggunakan chasis selain Scania juga mengikuti program ini. Ciri-cirinya, cukup dengan melihat  yang dipasang di bagian luar bus biasanya bertuliskan Bus Trans Jawa baik di bagian head maupun di bagian body samping bus.

PO Sudiro Tungga Jaya Bus Trans Jawa

Hampir semua bus sudah melewati Tol Trans Jawa karena waktu yang lebih efisien. Selain itu, adanya tol Trans Jawa ternyata membuat banyak PO semakin berbenah untuk meningkatkan pelayanannya. hal ini juga membuat persaingan dunia bus semakin ketat. Mereka menawarkan fasilitas yang semakin baik dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, para pengusaha PO juga berlomba meningkatkan kenyamanan pelanggannya, diantaranya dengan menghadirkan Chasis Premium seperti Scania yang keunggulannya tidak dapat diragukan lagi. Bahkan ada juga yang menggunakan Chasis Mercedes-Benz bahkan Hino dengan varian terbarunya. Seperti misalnya model Scania K360TB-4X2 dan K4lOlB-6X2, model Mercedes-Benz  OC 500RF 2542 dan model Hino RN 285/RN8JSKA/SJJ. Dengan adanya chasis terbaru, diharapkan bus menjadi semakin nyaman dan meningkatkan kecepatannya. Apalagi ditambah menggunakan tol Trans Jawa dapat meningkatkan efisien waktu. Bahkan saat ini, bisa jadi menjadi transportasi andalan pengganti Kereta Api apabila tidak mendapatkan tiket. Saat ini tiket bus dapat dipesan baik melalui online di aplikasi maupun offline ke agen terdekat.


Armada terbaru PO Gunung Harta Transport Solutions 

Komentar